Kamis, 29 Oktober 2020

Pelatihan Kader Kesehatan Gigi dan Mulut



Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan atau serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terpadu, terintegritas dan berkeseimbangan untuk memelihara dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bentuk pencegahan penyakit, peningkatan kesehatan, pengobatan dan pemulihan kesehatan oleh pemerintah atau masyarakat (Depkes RI, 2009).

Untuk mencapai tujuan dan sasaran pembangunan kesehatan, diantaranya pembangunan kesehatan gigi dan mulut dibutuhkan peran serta masyarakat sebagai salah satu strategi penyelenggaraan pembangunan kesehatan, meliputi perorangan misalnya kader kesehatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, politisi, figur masyarakat, kelompok masyarakat misalnya, posyandu, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, lembaga sosial masyarakat dan pemerintah yang berperan sebagai agen perubahan untuk penerapan perilaku hidup sehat.

Perilaku hidup sehat diharapkan dapat menjadi gerakan nasional yang dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Kader kesehatan sebagai ujung tombak masyarakat perlu membekali diri dengan pengetahuan dan membantu upaya peningkatan derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal.

Pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan gigi dan mulut, merupakan salah satu cara untuk mendukung pelaksanaan pembangunan kesehatan, salah satu diantaranya dengan pemberdayaan kader kesehatan. Kegiatan yang dilakukan lebih diarahkan pada pelayanan promotif, preventif dan rujukan kesehatan gigi dan mulut yang dilakukan pada upaya kesehatan berbasis masyarakat diantanya posyandu dengan sasaran kelompok resiko tinggi meliputi anak usia balita, anak usia pendidikan dasar, ibu hamil dan menyusui, kelompok usia lanjut.

Oleh karena itu, Mahasiswa Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang melakukan upaya pelatihan kader pada masyarakat. Hal ini bertujuan agar kesehatan gigi dan mulut masyarakat dapat meningkat, sehingga dapat tercapai derajat kesehatan gigi dan mulut yang optimal sesuai dengan program yang dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan RI. Sehingga dilakukan intervensi berupa pelatihan kader sebagai langkah awal untuk mengatasi masalah kesehatan gigi pada masyarakat Desa Tanjung Kulon Kajen Pekalongan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar