Kamis, 22 Oktober 2020

Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut

 



   


        Pemberdayaan Masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Pemberdayaan masyarakat hanya bisa terjadi apabila masyarakat itu sendiri ikut pula berpartisipasi.


suatu usaha hanya berhasil dinilai sebagai "pemberdaya masyarakat" apabila kelompok komunitas atau masyarakat tersebut menjadi agen pembagunan atau dikenal juga sebagai subjek. disini subjek merupakan motor penggerak, dan bukan penerima manfaat atau objek saja.

        Penyuluhan adalah turunan dari kata extension yang dipakai secara luas dan umum dalam bahasa Indonesia penyuluhan berasal dari kata dasar suluh yang berarti pemberi terang ditengah kegelapan. dalam bahasa Belanda penyuluhan disebut Voorlichting yang berarti memberi penerangan untuk menolong seseorang menemukan jalannya, dalam bahasa inggris dan jerman mengistilahkan penyuluhan sebagai pemberian saran yang berarti seseorang dapat memberikan petunjuk bagi seseorang tetapi seseorang tersebut yang berhak untuk menentukan pilihannya.

        Penyuluhan sebagai proses Pemberdayaan Masyarakat, merupakan proses pemandirian masyarakat. pemandirian bukanlah menggurui, dan juga bukan bersifat kariatip, melainkan mensyaratkan adanya peran-serta secara aktif dari semua pihak yang akan menerima manfaat, terutama dari kalangan kelompok sasaran itu sendiri. maniri bukan berarti "berdiri di atas kaki sendiri" dari "bantuan" pihak luar yang benar-benar diyakini akan memberikan manfaat.






Daftar Pustaka

1. https://id.wikipedia.org/wiki/Pemberdayaan_masyarakat 

2. https://id.wikipedia.org/wiki/Penyuluhan

3. http://berylele.blogspot.com/2017/02/pemberdayaan-masyarakat.html#:~:text=Penyuluhan%20sebagai%20proses%20pemberdayaan%20masyarakat,kalangan%20kelompok%20sasaran%20itu%20sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar